IMPLEMENTASI NILAI- NILAI KEARIFAN LOKAL TANIMBAR UNTUK MEMPERKOKOH KARAKTER GENERASI MUDA MELALUI PENDIDIKAN INFORMAL MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Kearifan lokal sebagai kekayaan budaya suatu daerah memiliki nilai-nilai moral, pengetahuan dan sebagai sumber ilmu kontekstual. Nilai tersebut lahir dari masyarakat dalam banyak ragam seperti aturan adat yang menjadi aturan tidak tertulis yang sampai saat ini dipatuhi bersama. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan mengimplementasi nilai-nilai kearifan lokal Tanimbar untuk memperkokoh karakter generasi muda melalui pendidikan informal menghadapi era society 5.0. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada generasi muda yang berada di desa Lermatang dalam memperkokoh karakter generasi muda melalui pendidikan informal menghadapi era society 5.0 dengan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal Tanimbar. Adapun tahapan-tahapan pengabdian masyarakat yang akan dilakukan adalah tahap sosialisasi, tahap pelatihan, tahap penerapan teknologi, tahap pendampingan dan evaluasi dan keberlanjutan program. Berdasarkan pendampingan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Adanya perubahan perilaku generasi muda desa Lermatang setelah dilakukan pendampingan. Hal ini dilihat dari adanya kesadaran dari setiap individu terkait dengan apa yang dilakukan selama ini yang kurang terpuji; 2) Perilaku generasi muda desa Lermatang yang saat ini lebih mencintai budaya duan lolat dibandingkan budaya luar (budaya barat); 3) 75 % Generasi muda desa Lermatang saat ini telah siap dalam menghadapi era Society 5.0.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suryadi, B. (2015). Pendidikan karakter: solusi mengatasi krisis moral bangsa. Nizham Journal of Islamic Studies, 3(2), 71-84. https://e-journal.ejournal.metrouniv.ac.id/nizham/article/view/897
Dewi, D. A., & Ulfiah, Z. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 499-506. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPFI/article/view/4228/4651
Wahyuni, S. (2015). Developing science learning instruments based on local wisdom to improve student’s critical thinking skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(2), 156-161. https://journal.unnes.ac.id/nju/JPFI/article/view/4228/4651
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Luturmas, J., Terwarat, B. A. A., & Laratmase, K. A. (2023). Pengaruh Undang-Undang Pelindungan Anak terhadap Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 10 Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7593–7606. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1058
Mailuhuw, L. F., & Luturmas, J. (2023). Kontribusi Pendidikan Agama Kristen dalam Pencegahan Fanatisme Kesukuan di Kalangan Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Immanuel: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 4(2), 321-337. https://stt-su.ac.id/e-journal/index.php/immanuel/article/view/215
Kormasela, D. A., Nifanngelyau, J., & Srue, O. (2023). Kearifan Lokal Sasi Terhadap Eksistensi Teripang di Desa Lelingluan, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. KAMBOTI: Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(1), 36-47. https://kopertis12.or.id/jurnal/index.php/kamboti/article/view/327
Messy Ratuanik, Samuel Urath, Jakobus Nifanngelyau, Yoseph Watraran, Jakobus Dasmasela, Elisabeth Lerebulan, Regina Nifmaskossu, & Erna Grace Oratmangun. (2023). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA TANIMBAR. Journal of Community Service, 4(2), 123-133. https://doi.org/10.56670/jcs.v4i2.92
Fenanlampir, E., Urath, S., Kewilaa, D. M. ., & Nifanngelyau, J. . (2021). Kajian Etnomatematika Ditinjau dari Aspek Ajaran, Pesan Moral, dan Konsep Matematis pada Patung Tumbur di Desa Tumbur Kecamatan Wertambrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(12), 2051–2061. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i12.432
DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v8i1.211
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.