PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK MELALUI DESAIN RUMAH BELAJAR BERKELANJUTAN DI KAMPUNG BONEN, KABUPATEN KUPANG

Apridus Kefas Lapenangga, Yuliana Bhara Mberu, Meryani Lakapu, Budhi Benyamin Lily, Dominiques S.E.D. Jeraman, Merry Enjel Lassa

Abstract


Pemberdayaan perempuan dan anak dapat menumbuhkan nilai-nilai kehidupan yang perlu didukung adanya ruang belajar. Wadah ini diciptakan guna memberi kesempatan belajar bersama. Kegiatan pemberdayaan dilakukan melalui penyelesaian 3 masalah prioritas yakni sosial, ekonomi dan lingkungan. Pemberdayaan yang baik membutuhkan perencanaan yang baik pula dan tentunya ini dapat terwujud melalui desain rumah belajar yang direncanakan dengan matang sebagai solusi yang berkelanjutan. Tujuan dari pengabdian ini adalah menyediakan desain rumah belajar yang multifungsi antara lain; 1) Sebagai tempat belajar lintas generasi bagi perempuan dan anak perempuan, 2) Sebagai tempat pemberdayaan ekonomi dan budayan melalui tenun, seni musik dan tari tradisional, 3) Sebagai guest house bagi tamu ataupun donatur mitra bila berkunjung sekaligus sebagai tempat save house bagi korban kekerasan jika dibutuhkan. 4) Sebagai kantor bagi pengelola. Solusi yang ditawarkan dari kegiatan ini adalah; perencanaan sebuah desain rumah belajar. Masalah sosial, ekonomi dan lingkungan dapat terjawab melalui sebuah objek desain yang dapat direncanakan berdasarkan riset terhadap keadaan sosial, ekonomi dan lingkungan sekitar. Desain yang direncanakan terdiri dari beberapa fasilitas yang meliputi; kantor bagi pengelola, aula (bangunan serbaguna yang dapat digunakan untuk kegiatan latihan drama, musik, tari dan kegiatan lainnya), guest room (tempat penginapan sebagai sumber pemasukan) juga dapat difungsikan sebagai save house bagi korban kekerasan rumah tangga jika dibutuhkan, taman, area baca dan area tenun. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi 4 tahapan yakni persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan. Hasil dari kegiatan ini berupa sebuah desain rumah belajar yang dapat direalisasikan oleh mitra sebagai sebuah objek yang terbangun. Rumah belajar didesain menggunakan konsep arsitektur berkelanjutan yang mengutamakan keberlanjutan sosial, ekonomi dan lingkungan serta berdaptasi dengan konteks lokal setempat.

 


Keywords


Pemberdayaan; Perempuan dan Anak; Rumah belajar; Keberlanjutan

Full Text:

PDF

References


Chandratama, L. A., & Arifin, L. S. (2022). Fasilitas Pemberdayaan Perempuan di Surabaya. EDimensi Arsitektur Petra, X(1), 521–528. https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-arsitektur/article/view/12584

Engliana, E., Nurjanah, N., & Muliyani, N. (2024). Pemberdayaan Anggota Keluarga untuk Membantu Anak Belajar Bahasa Inggris Daring di Rumah. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(4), 461. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i4.23289

Fransisca, Y., & Surya, R. (2021). Rancangan Rumah Belajar Dalam Konsep Keseharian Di Kawasan Pademangan Barat. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1), 383. https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10739

Ishak, R. A., Suardi, T. I., & Syam, S. (2023). Implementasi Konsep Arsitektur Berkelanjutan pada Fasilitas Desa Wisata Mattabulu. JURNAL TEPAT: Teknologi …, 6(agenda 21), 140–160. https://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/view/341%0Ahttps://eng.unhas.ac.id/tepat/index.php/Jurnal_Tepat/article/download/341/176

Istifadah, I. (2022). Learning Space Management Nurul Islam Nature School (SANI) Jember to Cultivate Children’s Spirituality. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4640–4652. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2669

Masruchiyah, N., & Laratmase, A. J. (2023). Pemberdayaan Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 12(2), 125–138. https://doi.org/10.21009/10.21009.122.3

Rahmawati, N., Suparjo, S., Suparto, S., & Suhartini, S. (2018). Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Melalui Kegiatan Kepedulian Lingkungan dan Pendidikan Karakter Generasi Penerus, Desa Banjar Kemuning, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 2(1), 23. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2018.v2i1.187

Rufaidah, E., & Nurdin, N. (2020). Optimalisasi Rumah Belajar Di Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 83. https://doi.org/10.23960/jss.v4i2.210

Sahan, M. Y. (2022). Peran Lowewini dalam Pemberdayaan dan Peningkatan Partisipasi Perempuan NTT Melalui Instagram @lowewini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4641–4648. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4000

Sari, I. P., & Miftah, Z. (2024). Program Bantuan Belajar Gratis Melalui Rumah Belajar Masyarakat (RBM). Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 6. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i1.16449

Suparmoko, M. (2020). Pembangunan Nasional Dan Regional. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 9(1), 39–50.

Syah, S. A. (2023). Pendampingan Perencanaan Design Interior Rumah Tinggal yang Sehat Berbasis Kebutuhan dan Kecukupan Ruang. 5(2), 11–18. https://doi.org/10.24235/dimasejati.202352.15141




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v8i1.208

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.