PEMANFATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENGEMBANGKAN BISNIS DI ERA DIGITAL PADA SISWA-SISWI SMA PAPUA KOTA SORONG

Fensca Fenolisa Lahallo, Susana M. W. Muskita, Tia Metanfanuan, Arce Y. Ferdinandus, Frits Gerit John Rupilele, Ratna R. Pakpahan, Victor Sipayung, Eche Dias, Wilkhelman Rompah

Abstract


Meskipun media sosial memiliki potensi yang besar untuk bisnis, banyak siswa SMA Papua Sorong yang masih belum memahami bagaimana memanfaatkannya secara efektif untuk membangun bisnis mereka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya edukasi dimana masih kurangnya edukasi dan pelatihan tentang pemanfaatan media sosial untuk bisnis di kalangan siswa SMA Papua Sorong, kurangnya modal yang mengakibatkan banyak siswa SMA Papua Sorong yang tidak memiliki modal untuk memulai bisnis online. Banyak siswa memanfaatkan media sosial hanya untuk hiburan. Akan tetapi, pemanfaatan media sosial untuk membangun bisnis masih belum ada. Hal inilah yang menjadi tujuan pelaksanaan kegiatan PkM yaitu untuk membangun kesadaran siswa-siswi SMA Papua Kota Sorong untuk termotivasi dalam memanfaatkan media sosial untuk sesuatu yang mendatangkan keuntungan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa banyak siswa-siswi yang memahami tentang pemanfaatan media sosial dalam membangun bisnis di era digital. Ini ditunjukkan dengan respon yang positif serta antusianya para siswa dalam menjawab pertanyaan terkait dengan materi sosialisasi. Hasil ini juga diperkuat dengan hasil kuesioner dimana terdapat 5 (lima) butir pernyataan untuk mengukur keterpamaham peserta terhadap materi sosialisasi diantaranya : pengertian media sosial, fungsi media sosial, jenis-jenis media sosial, dampak negatif media sosial, dan trik membangun bisnis melalui media sosial. Dari 17 orang siswa yang mengisi kuesioner, yang memiliki keterpahaman terkait materi sosialisasi berjumlah 14 orang dan 3 orang lainnya memiliki tingkat pemahaman yang cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa materi sosialisasi ini dapat dipahami oleh para peserta.


Keywords


Media Sosial; Bisnis; Era Digital

Full Text:

PDF

References


Alimuddin Mariani dan Paramita Poddala.(2023). Prospek Digital Marketing Untuk Generasi Muda Dalam Berwirausaha. Journal of career Development Vol. 1 Nomor 1. Tahun 2023

Gunawan Ahmad. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma. Volume 1, Nomor 1, Maret 2020. ISSN 2716-3512 (Online)

Meilinda Nuly, Febrimarani Malinda, & Sari Mutiara Aisyah. (2020).Literasi Digital Pada Remaja Digital (Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri Volume 4 No. 1 Juni 2020. ISSN Online : 2598-425X

Nafsiah Siti Nurhayati,dkk.(2024). Mengenalkan Konsep Bisnis Digital Kepada Generasi Muda Untuk Merangsang Semangat Berwirausaha Pada Pelajar Sma R.A Kartini Palembang. JPM (Jurnal Pengabdian Mandiri) Vol.3, No.1 Januari 2024

Yuliani I Dewa Ayu Eka, Dany Gahrurrozi, & Febby Ananda.(2023). Peningkatan Keterampilan Kewirausahaan Siswa SMA Bina Utama dengan Memanfaatkan Social Media Marketing. Seminar Nasional Corisindo. Stmik Pontianak – 07 Agustus 2023.

Lahallo, F. F., & Rupilele, F. G. J. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Victory Sorong). Jurnal Jendela Ilmu, 4(1).

Lahallo, F. F., Rupilele, F. G. J., Lartutul, S., Setiawan, M. N., & Tortet, B. (2023). Meningkatkan Kesadaran Anak Tentang Bahaya Game Online Melalui Kampanye Sosialisasi pada SD Negeri 23 Kota Sorong. J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community), 6(1), 24-35.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v7i1.174

Article Metrics

Abstract view : 35 times
PDF downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.