PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SD INPRES PIR II
Abstract
Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif di SD Inpres Pir II berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi di lingkungan Pendidikan dasar. Isu pokok melibatkan kebutuhan akan pendekatan inovatif dalam pengajaran di era digital. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menciptakan dan mengintegrasikan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan pelatihan, mediasi dan konsultasi. Guru-guru di SD Inpres Pir II diberikan panduan dalam menggunakan teknologi terkini untuk menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan berinteraksi. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis guru tetapi juga memperkuat keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Langkah-langkah konkrit yang diambil selama pelatihan, memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas Pendidikan di SD Inpres Pir II. Pelatihan ini dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam menghadapi tantangan pembelajaran di era digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hartono, H., Lesmana, C., Permana, R., & Matsun, M. (2018). Pelatihan dan pendampingan
pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Nugraha, D.A., & Sudiyono, S. (2018). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO BAGI GURU-GURU SDN MERJOSARI 1. Jurnal Terapan Abdimas.
Nurrahmah, A., Mulyatna, F., & Karim, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran
Interaktif bagi Guru dan Dosen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.
Sari, I.P., Sari, M.N., & Miftah, Z. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat.
Sari, I.P., Novitasari, A.T., & Miftah, Z. (2020). EFEKTIVITAS PELATIHAN MEMBUAT
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MACRO POWERPOINT BAGI GURU. Research and Development Journal of Education.
Sari, R., Herlawati, Khasanah, F.N., & Atika, P.D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media
Pembelajaran Interaktif Bentuk Presenter-View-Recorder dan Mentimeter. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ.
Sari, I.P., Sari, M.N., & Miftah, Z. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat.
Shahnaz Rusli, T., & Ali, A. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Media Pembelajaran
Interaktif di SD Negeri Inpres Koya Tengah Kecamatan Muara Tami Kota Jayapura. J-Abdimas Cenderawasih, 1(2).
https://doi.org/10.31957/jabdimascenderawasih.v1i2.3409
Shahnaz Rusli, T., Yoseb Boari, Mp., Dahlia Amelia, Ms., drg Dewi Rahayu, M., Kes Ir
Bambang Setiaji, M., Suhadarliyah, K., Syarfina, M., Ansar, Mp. C., Syahruddin, Mp., Amiruddin, Mk., & Ika Yuniwati, M. (2024). PENGANTAR METODOLOGI PENGABDIAN MASYARAKAT. https://penerbitzaini.com/
Sulistiani, H., Putra, A.D., Rahmanto, Y., Fahrizqi, E.B., & Setiawansyah, S. (2021).
PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN VIDEO EDITING DI SMKN 7 BANDAR LAMPUNG.
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media
Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas.
DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v7i1.165
Article Metrics
Abstract view : 105 timesPDF downloaded : 132 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.