DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMA NEGERI 2 KABUPATEN SORONG

Peter Manuputty, Irwan Soulisa, Juneth N. Wattimena, Frenny S. Pormes, Agustinus G. Gifelem

Abstract


Gadget adalah alat canggih yang dibuat dan diciptakan dengan menambahkan aplikasi untuk media berita, hobi, hiburan, jejaring sosial, dan lainnya. Penggunaan gadget memberikan dampak positif dan negatif bagi penggunanya, khususnya kalangan muda. Dampak negatif yang diperoleh dari penggunaan gadget, salah satunya adalah membuat pengguna menjadi orang yang individualis dan dapat mengakses informasi – informasi bersifat bullying. Perilaku bullying dapat terjadi dalam berbagai kategori termasuk secara fisik, verbal, psikologis, dan cyber. Perilaku bullying memiliki kemungkinan dapat terjadi bagi siapapun, misalnya siswa di sekolah. Perilaku bullying yang sering terjadi pada lingkungan sekolah seperti adanya siswa yang mengejek, memukul, memfitnah, dan sebagainya. Hasil penelitian yaitu 1. Siswa dapat menggunakan gadget 2.Terdapat dampak positif maupun negatif dalam penggunaan gadget. 3. Terdapat perilaku bullying secara verbal maupun non verbal. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk dapat memberikan pemahaman terkait penggunaan gadget yang benar dan menghilangkan perilaku bullying di sekolah.


Keywords


Pengabdian; Gadget; Bullying

Full Text:

PDF

References


Agasi, D. ., Oktarina, R. ., Desyandri, D., & Murni, I. . (2022). Pengaruh Pemakaian Gadget pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan dengan Perkembangan Psikologinya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10763–10768.

Aswat, Hijrawatil., Mitra, K. L. O. Onde., Beti, Ayda. 2022. Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9105-9117.

Fitriani., Anizar Ahmad., Fitria. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 5(2), 182-194.

Mardliyah, Sjafiatul. (2023). Dilema Keluarga di Era Digitalisasi: Antara Kecanduan Gadget, Gangguan Emosional, Perilaku Sosial pada Anak Usia Dini dan Tawaran Sekolah Alternatif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 661-673.

Modecki KL, Minchin J, Harbaugh AG, Guerra NG, Runions KC. Bullying Prevalence Across Contexts: A Meta-analysis Measuring. J Adolesc Heal. 2014;55(5):602–1.

Rahmadani, T.A., Nursapia, Harahap. 2023. Dampak Cyberbullying di Media Sosial Pada Perilaku Reaktif Remaja di Desa Sei Rotan. Jurnal Noken, 8(2), 214-227.

Syahputri, Wita, D. F., Ridwan, Said, Ahmad. 2022. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMP Negeri 5 Pinrang. Jurnal Sosialisasi, 9(3), 102-109.

Wirmando, W., Anita, F. ., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(3), 117-122.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v6i2.150

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.