PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MULTIMEDIA BAGI GURU SAINS DI SMP DAN SMA CITRA BAKTI

Maria Yuliana Kua, Fransiskus Xaverius Dolo, Ngurah Mahendra Dinatha, Afrianus Gelu, Prisko Yanuarius Djawaria Pare, Ni Wayan Suparmi, Dimas Qondias

Abstract


Dampak dari merebaknya pandemi COVID-19 telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia. Tidak berbeda pula dengan para peserta didik dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi yang turut merasakan dampak pandemi ini. Kegiatan pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif untuk memberikan pelayanan kegiatan pembelajaran yang praktis dan fleksibel. Namun demikian, pengembangan kegiatan pembelajaran daring yang efektif dan efisien masih menjadi tantangan tersendiri bagi para guru. Menyikapi permasalahan ini, dosen dan mahasiswa STKIP Citra Bakti melakukan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan dan pendampingan pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia power point dan bandicam bagi guru sains di SMP dan SMA Citra Bakti. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada para guru terkait penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran daring. Kegiatan ini melibatkan dua guru SMP Citra Bakti dan empat guru SMA Citra Bakti yang didampingi oleh lima orang dosen serta dibantu oleh lima mahasiswa program studi pendidikan IPA STKIP Citra Bakti. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan pemahaman kemampuan guru dalam menggunakan multimedia pada proses pembelajaran daring yang dibuktikan dengan hasil angket pemahaman guru yang menunjukkan adanya peningkatan presentase dari 58% menjadi 88,6%


Keywords


Bandicam; multimedia; pembelajaran daring; power point interaktif

Full Text:

PDF

References


Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D. & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentence pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. PEDAGOGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15 (2), 199-212

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Imlementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Dolo, F. X., Kua, M. Y. & Pare. P. Y. Dj. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Multimedia Interaktif pada Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (1), 484-489

Dolo, F. X., Pare. P. Y. Dj., Kua, M. Y., Jaghung, F. P., & Nggia, S. G. (2021) Pendampingan Belajar IPA pada masa PAndemi COVID-19 Berbasis Smart Solution bagi Siswa SMP di Desa Ratogesa. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB), 2 (2), 200-205

Han, F., & Ellis, R. A. (2019). Identifying Consistent Patterns of Quality Learning Discussions in Blended Learning. The Internet and Higher Education, 40, 12–19. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2018.09.002

Kua, M. Y., Dolo, F. X., & Suparmi, N. W. (2022). Development of Virtual Blended Learning Based on Edmodo with Problem-Solving for Basic Physics. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 18 (1), 13-24. https://doi.org/10.15294/jpfi.v18i1.26825

Kua, M. Y., Suparmi, N. W., & Laksana, D. N. L. (2021). Virtual Physics Laboratory with Real World Problem Based on Ngada Local Wisdom in Basic Physics Practicum. Journal of Education Technology, 5(4), 520–530. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.40533

Laksana, D. N. L. (2020). The Implementation Of Online Learning During COVID-19 Pandemic: Student Perceptions In Areas With Minimal Internet Access. Journal of Education Technology, 4(4), 502–509. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29413

Lumbantobing, M. T., Samosir, A., & Tarigan, D. R. Br. (2020) Tantangan Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID – 19. EJoES: Educational Journal of Elementary School, 1 (2), 33-36.

Mastroleo, N. R., Humm, L., Williams, C. M., & Kiluk, B. D. (2020). Initial Testing of a Computer-Based Simulation Training Module to Support Clinicians’ Acquisition of CBT Skills for Substance use Disorder Treatment. Journal of Substance Abuse Treatment, 114. https://doi.org/10.1016/j.jsat.2020.108014

Mulyana. M., Rainanto, B. H., Astrini, D. & Puspitasari, R. (2020). Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4 (1), 47-56.

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–78. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif dalam Menyongsong Revolusi Industri 4. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138.

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

Syarifudin, A. S. 2020. Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34

Silalahi, M. V. (2020). Development of E-Modules Based on Exe-Learning on Topics of Reaction Rate Against Student Learning Outcomes Mechanical Engineering. International Journal of Education and Curriculum Application, 3(2), 114–120. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i2.2672

Sofyana, L & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. JANAPTI: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8 (1), 81-86




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v6i1.134

Article Metrics

Abstract view : 349 times
PDF downloaded : 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.