PRODUKSI 140 VIDEO MUSIK ROHANI DAN ANIMASI KATOLIK UNTUK ANAK-ANAK ASMAT, PAPUA
Abstract
Animasi berupa gerak dan lagu menjadi kekhasan dalam pengajaran untuk usia anak, tidak terkecuali dalam pengajaran iman Katolik. Selain menjadi sarana pembelajaran yang efektif, gerak dan lagu juga termasuk metode pewartaan iman klasik yang konsisten digunakan dalam Gereja Katolik. Sebagai lembaga keagamaan, Keuskupan Agats-Asmat menyadari kebutuhan pengadaan video gerak dan lagu Katolik baik bagi para pengajar ataupun anak-anak sehingga pengajaran animasi tidak terbatas ruang dan waktu. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memfasilitasi produksi video musik rohani dan animasi Katolik untuk anak-anak Asmat, Papua. Bekerja sama dengan Keuskupan Agats-Asmat, rangkaian aktivitas ini berlangsung di penjuru Kabupaten Asmat selama hampir setahun dan menghasilkan 140 video. Video-video ini lantas disebarluaskan baik secara luar jaringan ataupun dalam jaringan untuk menjadi sarana pengajaran iman baru bagi anak-anak Katolik di Kabupaten Asmat, sambil memperkenalkan latar budaya Asmat kepada audiens internet. Apresiasi dibuktikan dari jumlah view di kanal Youtube tempat video tersebut diunggah hingga 375% dan masih dipakai secara berkelanjutan di seluruh kelompok SEKAMI Keuskupan Agats-Asmat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Appah, G. O., & George, B. P. (2017). Understanding Church Growth through Church Marketing: An Analysis on the Roman Catholic Church’s Marketing Efforts in Ghana. Journal of Economics and Business Research, 23(1), 103–122.
Fyfield, M., Henderson, M., & Phillips, M. (2021). Navigating four billion videos: teacher search strategies and the YouTube algorithm. Learning, Media and Technology, 46(1), 47–59. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1781890
Leuwol, N. V. (2018). Pendidikan Katekisasi Kepada Remaja di Jemaat GKI Kasih Perumnas Sorong. J-DEPACE (Journal of Dedication to Papua Community), 1(1), 32–41. http://jurnal.lpmiunvic.ac.id/index.php/jpkm
Lumenta, L. Y. T., & Veronika, V. (2022). Press Freedom Papua Journalist : an Interpretive Phenomenological Studies. Jurnal Spektrum Komunikasi, 10(3), 232–248. https://doi.org/10.37826/spektrum.v10i3.249
Putera, K. S., Siburian, M. A., Vancasavio, R., & Yackie, Y. (2020). “The Hygienic and The Dirty" (Health Communication Film About Healthy Lifestyle for Asmat Tribe). Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(1), 40–49. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i1.77
Putranto, T. D., & Susilo, D. (2021). Message of Nationalism in the Music Video “Wonderland Indonesia.” Jurnal Komunikatif, 10(2), 185–196. https://doi.org/10.33508/jk.v10i2.3520
Quesenberry, K. A. (2019). Social Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations in the Consumer Revolution (2nd ed.). Rowman & Littlefield.
Smith, R. A. (2021). Pandemic and Post-Pandemic Digital Pedagogy in Hospitality Education for Generations Z, Alpha, and Beyond. Journal of Hospitality & Tourism Research, 45(5), 915–919. https://doi.org/10.1177/10963480211000818
Umar, I. M., & Kawulur, J. N. B. (2022). Perancangan Buku Interaktif Digital Edukasi Rambu untuk Anak Usia Dini. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 15(1), 90–106. https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FSD/article/view/2343/1247
Vrabec, N., & Graca, M. (2017). Mobile Applications in the Context of the New Evangelization. European Journal of Science and Theology, 13(4), 123–125. http://ejst.tuiasi.ro/Files/65/11_Vrabec & Graca.pdf
Ziatdinov, R., & Cilliers, J. (2021). Generation Alpha: Understanding the Next Cohort of University Students. European Journal of Contemporary Education, 10(3). https://doi.org/10.13187/ejced.2021.3.783
DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v6i1.131
Article Metrics
Abstract view : 241 timesPDF downloaded : 142 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.