PENTINGNYA PENGENALAN LITERASI KEUANGAN BAGI ANAK USIA DINI PADA RUMAH BACA KANAAN KOTA SORONG
Abstract
Dalam budaya masyarakat Indonesia adalah tabu membicarakan segala sesuatu tentang uang di hadapan anak. Itulah mengapa pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang kesehatan finansial keluarga belum mendapat porsi yang cukup pada kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Hal inilah yang mendasari pentingnya pelaksanaan kegiatan literasi keuangan bagi anak-anak usia dini pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi: 1) Pemutarkan Video Literasi Keuangan: Membedakan kebutuhan dan Keinginan, 2) Membagikan anak-anak dalam kelompok kecil dan masing-masing kelompok menyelesaikan misi 1 “menempelkan gambar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, setelah itu, setiap kelompok diberikan uang pecahan Rp 50.000 untuk dibelanjakan jenis barang sesuai dengan kebutuhan. Jika ada sisa uang dari hasil perbelanjaan dimasukan ke dalam tabungan berbentuk celengan, dan 3) Bagi kelompok yang memiliki tabungan dalam jumlah yang besar serta ketepatan dalam membedakan keinginan dan kebutuhan yang menjadi pemenang dalam permainan ini. Dari kegiatan ini dapat menunjukkan bahwa anak-anak pada Rumah Baca Kanaan telah memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan melalui kegiatan tanya jawab terkait dengan jenis-jenis gambar yang menjadi media pembeda antara keinginan dan kebutuhan yang telah dilakukan pada kegiatan inti sebelumnya. Selain itu, anak-anak juga mampu untuk membelanjakan uang yang diberikan sesuai dengan daftar belanja yang diberikan. Sisa uang pembelanjaan yang didapat sebagian diajarkan untuk disisihkan pada tabungan berupa celengan. Hal ini terlihat dari jumlah tabungan dari masing-masing kelompok rata-rata diatas Rp 15.000 dari jumlah uang Rp 50.000 yang diberikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyani, D. (2018). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah
Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175-190.
Nur Siti Khayisatuzahro & Abdul Hamid Bakir. 2021. Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage. Volume 2 Nomor 2 Agustus 2021. E-ISSN: 2797-8451
Sari Ratna Candra, dkk. Model Pembelajaran Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Berbasis Aktivitas Excecutive Funcion.
Fianto Farinia. 2017. Materi Pendukung Literasi Keuangan. Kementrian dan Kebudayaan. Jakarta
Wahyuningsih Sri. 2021. Modul Literasi Keuangan Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Direktorat Jenderal Paud, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Dasar : Jakarta
Wahyuni, N. (2017). Berapa Uang Saku yang Wajar untuk Anak Zaman Sekarang? Dipetik May 10, 2019, dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/2889969/
berapa-uang-saku-yang-wajar-untuk-anakzaman-sekarang
DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v5i2.118
Article Metrics
Abstract view : 377 timesPDF downloaded : 769 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.