SOSIALISASI DAMPAK GADGET PADA PSIKOLOGI ANAK-ANAK

Tia Metanfanuan, Agustinus L. Masan, La Ode Madina, Susana M.W. Muskitta

Abstract


Gadget merupakan suatu media Elektronik yang memiliki banyak fungsi dan manfaat, namun Penggunaan gadget yang berlebihan dapat memberikan dampak dan pengaruh buruk bagi anak-anak baik secara fisik maupun mental. Dampak dan pengaruh yang ditimbulkan dapat berupa pengaruh positif maupun negatif terhadap perkembangan anak. Oleh karena itu harus membatasi penggunaan gadget dengan melakukan aktifitas yang positif seperti lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan bermain permainan tradisional diluar rumah bersama teman-teman sebaya. Dengan adanya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini maka kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan ini diantaranya sebagai berikut : (1) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai “Dampak Gadget pada Psikologi anak” , mendapatkan respon yang antusias dan baik dari para anak-anak sekolah minggu maupun Remaja yang ada di tempat kami melaksanakan kegiatan kami. (2) Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai “Dampak Gadget pada Psikologi anak”  ini yang kami lakukan di Gedung Gereja GKI Kalfari, telah terlaksana dengan baik dan dengan adanya kegiatan ini kami sebagai mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman baru.


Keywords


Gadget; Psikologi Anak

Full Text:

PDF

References


Rumini, Sundari. 2004. Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : Rineka Cipta

Febriati, L., & Fauziah, A. (2020). Pengaruh Intensitas. The Shine Cahaya Dunia Kebidanan, 5(1), 1–12.

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). PSunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orang tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485engawasan Orang tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v5i1.111

Article Metrics

Abstract view : 441 times
PDF downloaded : 288 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.