Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Supervisi Akademik Sekolah Dasar Di Kecamatan Nirunmas Kabupaten Maluku Tenggara Barat

Yoseph Batkunde

Abstract

Pengawasan akademik merupakan upaya membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pelaksanaan pengawasan akademik oleh pengawas sekolah diharapkan dapat memotivasi guru dalam menjalankan tugasnya dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Nirunmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengawasan dalam mengawasi akademik di sekolah dasar di Kecamatan Nirunmas Kabupaten MTB. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif menggunakan metode kualitatif. Penelitian dilakukan di Kecamatan Nirunmas dengan waktu penelitian selama 8 bulan. Mata pelajaran penelitian tersebut adalah pengawas SD, guru SD dan Kepala SD se-Kecamatan Nirunmas. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Verifikasi validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengawasan dalam melakukan pengawasan akademik meliputi: komunikasi, sumber daya manusia, sumber daya anggaran, sumber daya peralatan, disposisi atau sikap, letak geografis, dan kondisi jalan yang rusak parah. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, disarankan kepada pengawas sekolah agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, serta pemerintah daerah Kabupaten MTB dalam rangka membantu pengawas sekolah di Kecamatan Nirunmas dalam mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengawasan akademik.

Keywords

Supervision;Academic

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. 2011. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.Nomor 21, Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC : Congressional Quarterly Press.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Joko Widodo. 2010. Analisis Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasi Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayu Media

Muslim, Sri Banun. 2009. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Sahertian, A. P. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Media Pressindo.

Wahab, Solichin Abdul. 2004. Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yoseph Batkunde, 2019. Efektivitas Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Inkuiri dan Model Kooperatif Tipe Stad Konsep Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nirunmas Kabupaten MTB, Vol. 2, ISSN 2626-3363, 2019.

Article Metrics

Abstract view : 1072 times
PDF downloaded : 4111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.