PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK MELALUI TABLO, DI TAMAN BACA EGAD, KOTA SORONG, PAPUA BARAT

Sherly Gaspersz, Windy Wonmaly, PdLulu Jola Uktolseja, Natasya Virginia Leuwol, Melda Agnes Manuhutu, Samuel Warella

Abstract


Karakter anak yang terbentuk sejak awal akan sangat menentukan karakter bangsa kedepan. Karakter anak  akan terbentuk dengan baik, jika dalam proses tumbuh kembang anak itu sendiri, mereka mendapatkan cukup ruang untuk mengekspresikan diri mereka secara leluasa. Naskah drama dalam bentuk Tablo, memungkinkan penanaman nilai-nilai karakter yang diajarkan kepada anak secara lebih dalam dan komprehensif sehingga pembelajaran karakter berjalan dengan lebih menyenangkan dan lebih  maksimal. Selain itu, melalui pentasan drama dalam bentuk tablo, karakter anak akan terbentuk lebih baik, cerdas,  minat dan bakatnya lebih terasah, adanya peningkatan kreatifitas dalam diri seorang anak terdidik melalui proses menghayati peran-peran yang diperankan pada tablo. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat memberikan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak-anak, khususnya di taman baca EGAD, kota Sorong, Papua Barat.


Keywords


Karakter; Tablo; Taman Baca EGAD.

Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajad. (20 Agustus 2010). Tentang Pendidikan Karakter Seminar Nasional 2010―Character Building for Vocational Education‖ Jur. PTBB, FT UNY 5 Desember 2010 9.https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/09/15/konsep pendidikan-karakter/. Diambil 10 Juni 2016

Albertus, Doni Koesoema, (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT. Grasindo, h. 5.

Kirom, S. 2018. Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal pada Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 8(1).40-52.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v4i2.92

Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF downloaded : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.