SMART IS AN ART: MEMBENTUK GENERASI MUDA MELEK BACA DAN TEKNOLOGI PADA RT 006/RW 001 KPR PUTRA RESIDENCE

Lulu Jola Uktolseja, Melda A. Manuhutu, Tagor Manurung, Sherly Gaspersz, Natasya Virginia Leuwol, Roximelsen Suripatty, Jalmijn Tindage

Abstract


Pandemi Covid-19 yang telah terjadi sejak 2019 menyebabkan begitu banyak permasalahan yang timbul. Salah satu sektor yang sangat terdampak adalah sektor pendidikan. Menyaksikan tantangan dunia pendidikan saat ini, Smart is an Art hadir pada RT 006/RW 001 KPR Putra Residence dengan kegiatan berjudul: Membentuk Generasi Muda Melek Baca Dan Teknologi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan Tim untuk membantu anak-anak mengenal teknologi komputer dan juga gemar membaca melalui buku-buku yang disediakan oleh Tim. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut: a) Untuk membantu para peserta memahami pentingnya membaca dan teknologi; b) Untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pelaksanaan kegiatan Smart is An Art diselenggarakan dengan santai dan menyenangkan. Hal ini dibuat dengan tujuan memberikan perasaan rileks tanpa beban belajar bagi para peserta. Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 (dua) rumah warga di KPR Putra Residence dengan jumlah 20 peserta. Kegiatan dibuka dengan Doa, penyampaian teknis kegiatan kemudian pemaparan materi. Adapun pemaparan materi adalah praktek pengenalan komputer, tablet dan handphone, serta pengenalan buku- buku bacaan. Pemateri juga membaca cerita, memutarkan video cerita dan evaluasi cerita bersama dengan peserta. Manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melatih peserta disiplin belajar selama masa pandemi, meningkatkan ketertarikan terhadap buku bacaan dan teknologi.


Keywords


media pembelajaran; buku; teknologi

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cecep Kustandi. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta : Ghalia Indonesia

Dina Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta : Diva Press

Ellis, D. H. 1997. Zygomycetes: Chapter 16 In ... Mikrobiologi Pangan 1. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Paul Suparno. 1997. Filsafat Konstruktisme dalam Pendidikan. (Yogyakarta: Kanisius) , hal 65.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tadjab. 1994. Ilmu Jiwa Pendidikan, (Surabaya: Karya Abditama), hal 46-47.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v3i2.79

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF downloaded : 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.