PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KAMPUNG MALAGUFUK KABUPATEN SORONG

Charliany Hetharia, Lanny Wattimena, Yerrynaldo Loppies, Berti Pakaila, Wiesje Ferdinandus

Abstract


Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi sekarang ini, membuat masyarakat mengisolasi diri agar terhindar dari bahaya COVID-19. Untuk tetap menjaga diri dan keluarga, masyarakat harus mempersiapkan ketersediaan pangan secara mandiri dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah, salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah tanaman seperti sayuran. Di Kampung Malagufuk Kabupaten Sorong sudah ada masyarakat yang memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya, namun belum maksimal. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk mendorong serta memberi motivasi agar dapat mengoptimalkan lahan pekarangan rumah dalam membudidayakan tanaman pangan sesuai dengan luasan lahan pekarangan dan komoditas yang dapat ditanamami. Lahan pekarangan yang dimanfaatkan merupakan suatu wujud pemenuhan ketersediaan pangan keluarga yang juga daiharapkan dapat meningkatkan perekonomian kelaurga selama pandemic COVID-19. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu pengamatan, dan penyuluhan. Hasil yang dicapai dari penyuluhan ini adalah yaitu masyarakat memahami dan mengerti tentang pemanfaatan laha pekarangan untuk budidaya sayuran, yang akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan alam pemanfaatan lahan pekarangan rumah mereka guna pemenuhan kebutuhan pangan keluarga sekaligus membantu pemenuhan ketersediaan pangan dan perekonomian keluarga.


Keywords


Pemanfaatan; pekarangan; Kampung Malagufuk

Full Text:

PDF

References


Ashari, Saptana, Purwanti, TB. (2012). Potensi dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 30 (1): 13-30.

Ayuningtyas, C.E., Jatmika, S. E. D. 2002. Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Meningkatkan Gizi Keluarga. Yogyakarta: K-Media.

Mardiharini, Mesti., Purnomo, Sudarmadi., Hanifah, Vyta., Andrianyta, Harmi. 2013. Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (m-KRPL) dan sinergi Program Tahun 2013. Badan Litbang Pertanian. Jakarta

Nurwati, N., Surtinah, Amalia. (2015). Analisis Pemanfaatan Pekarangan untuk Mendukung Ketahanan Pangan di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Pertanian, 11(2): 1-8.

Pasir S., Hakim, MS. (2014). Penyuluhan Penanaman Sayuran dengan Media Polibag. Jurnal Inov dan Kewirausahaan, 3(3): 159-163.

Pujiastuti, E. 2017. 29 Teknik Urban Farming. I. (Apriyani RN, ed) Depok: PT Trubus Swadaya.

Sismihardjo. (2008). Kajian agronomis tanaman buah dan sayuran pada struktur agroforestri pekarangan di wilayah Bogor, Puncak dan Cianjur (Studi kasus di DAS Ciliwung dan DAS Cianjur). Tesis. Program Studi Agronomi, Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Soleh, Avi Nur., Billa Krisbiyanti, Jihan Ana Fahira, Tiara Wulandari. 2020. Upaya Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah Untuk Budidaya Tanaman Sayuran Sebagai Penyedia Pangan Di Masa Pandemi covid-19 di Desa Panjunan RT 012 RW 002 Kec. Petarukan, Kab. Pemalang. KKN (Kuliah Kerja Nyata) Bersama Melawan Covid Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v3i2.77

Article Metrics

Abstract view : 545 times
PDF downloaded : 246 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.