PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI SEKTOR PARIWISATA KECAMATAN KUOK KAPUPATEN KAMPAR, RIAU

chelsy Yesicha, Ismandianto Ismandianto, Hevi Susanti, Ikhma Zurani

Abstract


Revolusi komunikasi mengiringi industri pariwisata dapat selaras memanfaatkan strategi promosi melalui sarana digital demi kemudahan akses pemenuhan kebutuhan tersier manusia. Tim pengabdian membidik potensi wisata Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar layak untuk dikembangkan kearah digital dengan mengutamakan kesiapan pokdarwis khususnya desa belimbing. Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten penyumbang utama potensi wisata di Riau. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi dengan mengundang masyarakat pemilik home industri kuliner dan terutama Pokdarwis. Kesiapan sumber daya manusia dan stimulasi dari terapan e-tourism saat ini ditawarkan agar potensi wisata memberikan efek positif yang menyatu dengan peluang kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat tempatan. Kecanggihan aplikasi augmented reality, pembuatan akun media sosial, web desa, dan bekerjasama dengan aplikasi sejalan dengan industri pariwisata baik nasional maupun mancanegara. Tentu saja sinergi dan kontrol antara pokdarwis, masyarakat dan aparatur desa perlu dijaga guna terpeliharanya kemandirian industry pariwisata desa meskipun demikian tetap diperlukan pendampingan bagi desa guna dalam menjalankan publikasi dan pengelolaan industri tersebut.


Keywords


Kemandirian; Desa;Kuok

Full Text:

PDF

References


Budiharjo. (2017).Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pariwisata : Analisis isi Laman Resmi Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Spirit Publik Volume 12, Nomor 1

Sulistiyani, Andri. (2017) Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat, Pelatihan Srategi Branding Destinasi Wisata Pulau Belimbing Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, FISIP UNRI.

Utama, Aditya Yudha. (2017).Penggunaan Augemented Reality sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Karang Anyar, Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yesicha, Chelsy.(2018) Merangkai Desa Cagar Budaya Sentajo, UR Press.

Yoeti, Oka A. (2005). Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata, Jakarta ; PT. Pradnya Paramita.

Santosa, Setyanto P. (2002).Pengetahuan Kepariwisataan, Bandung Alfabet.

Morissan, AM. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta Penerbit Kencana.

Fandi, Tjiptono dkk. (2002).Strategi Pemasaran, Cetakkan Keenam. Yogyakarta, Andi Offset.

Hendriksen, Elden S. dan Michael F. Van Breda. (2000).Accounting Theory. 5 edition Herman Wibowo (Peterjemah) Interaksara. Jakarta.

Nafi, Muhammmad. (2019). Penetrasi Smartphone terhadap Jumlah Penduduk Indonesia https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/05/penetrasi-smartphone-terhadap-jumlah-penduduk-indonesia




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v2i2.31

Article Metrics

Abstract view : 2543 times
PDF downloaded : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.