CERDAS KELOLA UANG MELALUI PENGUATAN LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SD NEGERI 6 KOTA SORONG

Fensca F. Lahallo, Frits Gerit John Rupilele, Devi F. S. Latief, Ninin Ninin, Yopi Alexander4

Abstract


Pengenalan literasi keuangan terhadap anak dapat dilakukan dengan mengenalkan anak terhadap nilai-nilai uang beserta budaya untuk menabung. Literasi keuangan juga mampu melatih anak untuk terhindar dari perilaku korupsi, gratifikasi atau perilaku buruk lainnya dalam bidang keuangan. Oleh karena itu, maka pendidikan literasi keuangan sangat tepat jika diberikan kepada anak-anak di usia dini. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa rata-rata anak-anak mendapatkan uang saku Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per harinya. Sebagian besar dari siswa-siswi menggunakan keseluruhan uang sakunya untuk konsumsi. Hal inilah yang mendasari pentingnya penguatan literasi keuangan bagi anak usia dini. Kegiatan PkM dilaksanakan dengan memfokuskan pada pengenalan konsep keuangan melalui pengenalan nominal uang dan kegiatan menabung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman siswa-siswi tentang konsep keuangan dengan adanya partisipasi aktif dan adanya semangat yang tinggi dalam merespon pertanyaan sebagai bahan evaluasi pencapaian hasil kegiatan.


Keywords


Literasi keuangan

Full Text:

PDF

References


Ariyani Asri Dwi, dkk.(2022). Kecakapan literasi keuangan Pada Anak Usia Sekolah dasar sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. J-Abdi.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1, No.12,Mei 2022. E-ISSN : 2798-2912

Asnawi Meinarni, Cornelia D. Matani, Kurniawan Patma. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. The Community Engagement Journal -Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Volume 2, Nomor 1, Januari-Mei 2019: 69–75. E-ISSN : 2621-6817

Fensca F. Lahallo, dkk.(2022). Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong. J-Depace (Jurnal Pengabdian). Volume 5 Nomor 2. Desember 2022. E-ISSN : 2654 - 8356

Hanifah, A., Maswanto, M., Mutmainah, M., (2022). Pentingnya Literasi Keuangan Untuk Anak Usia Dini Di Tk Islam Melati, Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat.

Laili, J., & & Maulana, A. (2015). Program sentono menabung. Jurnal Inovasi Dan Keuangan,4(1), 54–57

Na’imah, N. (2022). Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2564–2572. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1916

Nur Siti Khayisatuzahro & Abdul Hamid Bakir. (2021). Inovasi Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Melalui Media Pembelajaran Diorama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage. Volume 2 Nomor 2 Agustus 2021. E-ISSN: 2797-8451

Wirmando, W., Anita, F. ., Hurat, V. S., & Korompis, V. V. N. (2021). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pada Remaja. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(3), 117-122




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v6i2.158

Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF downloaded : 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.