WORKSHOP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI IPA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SD

Fitri April Yanti, Muhammad Kristiawan, Yunitasari Yunitasari, Marisadatul Aini

Abstract


Pengembangan kompetensi pedagogik guru dapat dilaksanakan melalui implementasi model pembelajaran yang bervariasi di kelas. Kurikulum merdeka merekomendasikan beberapa model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran proyek. Namun, yang terjadi di satuan pendidikan, guru belum familiar dalam mengimplementasikan model pembelajaran tersebut, sehingga model tersebut belum diterapkan di kelas. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru SD melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan diikuti sebanyak 31 guru SDN 75 Kota Bengkulu. Kegiatan ini meliputi tahap: seminar, praktik pembuatan outline perangkat pembelajaran, praktik implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan evaluasi Hasil kegiatan menunjukkan secara keseluruhan pada rata-rata nilai indikator keterampilan mengajar peserta meningkat yakni lebih dari 70. Berdasarkan hal tersebut, maka kegaiatan pengabdian ini dianggap berhasil karena telah mencapai terget yang telah ditentukan.


Keywords


guru SD, keterampilan mengajar; pembelajaran berbasis proyek

Full Text:

PDF

References


Aliffiani, Syafrina, A., & M.Husin. (2018). Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Variasi Stimulus di SD 71 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 24–34.

Ardhi, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Manusia dari Barang Bekas pada Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar Development of Teaching Aids for the Human Circulatory System from Used Goods in Learning Science for Elementary School Students. Empiricism Journal, 3(2), 399–405.

Ardhyantama, V., Apriyanti, C., Erviana, L., & PGRI Pacitan, S. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Project-Based Learning as the Alternative for Distance Learning in Pandemic COVID-19. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 141.

Artini, L. P., & Padmadewi, N. N. (2017). Pelatihan Pembelajaran Inovatif Berbasis Karakter Berdasarkan Kurikulum 2013 Bagi Guru- Guru Bahasa Inggris Smp, Sma, Dan Smk Se Kabupaten Manggarai Barat. International Journal of Community Service Learning, 1(2), 104. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i2.12116

Astawa, N. L. P. N. S. P., Fredlina, K. Q., & Suminiasih, N. L. (2020). Sosialisasi Dan Pelatihan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Proyek Dalam Kondisi Pembelajaran Jarak Jauh. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 402. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3118

Aydin, S., Atalay, T. D., & Goksu, V. (2018). Project-Based Learning Practices with Secondary School Students 1. International Online Journal of Educational Sciences, 10(3), 230–242.

Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9). https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779

Fitriah, F., Lubis, P., & Kuswidyanarko, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Dari Bahan Bekas Pada Materi Perubahan Energi Siswa Kelas IV SD. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(1), 70–81. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14112

Handrianto, C., & Rahman, M. A. (2018). Project Based Learning: A Review of Literature on its Outcomes and Implementation Issues. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 8(2), 110–129. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php

Hariati, L., Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Pada Muatan Pembelajar Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Kempo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1132–1142. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.722

Hong, L., & Yam, S. (2010). Implementing a Project-Based Learning Approach in an Introductory Property Course. 16th Pacific Rim Real Estate Society Conference, January, 1–19.

JR, J. J. R. (2016). Students ’ Sense Making and Effort towards Project – Based Learning in Learning Physics. International Journal of Education and Research, 4(9), 29–40.

Jupriyanto, J., & Nuridin, N. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 14. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.944

Mali, Y. C. G. (2016). Project-Based Learning in Indonesia EFL Classrooms: From Theory to Practice. Indonesian Journal of English Education, 3(1), 89–105. https://doi.org/10.15408/ijee.v3i1.2651

Mansur, N. (2017). Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 4(2), 118. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1884

Marwa, M., Herlinawati, H., & Fadillah, S. (2021). Workshop Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Penggunaan ICT bagi Guru SMAN 2 Kampar Kiri Tengah. Jurnal Pengabdian Pada …, 6(3), 656.

Masnunah. (2019). Keterampilan Dosen Dalam Mengadakan Variasi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Memahami Puisi Dan Menulis Puisi. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(2), 205–215. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.2798

Nugraheni, D. (2018). Project Based Learning in Heat and Transfer Material to Increase Student’s Creativity. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 73–79. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2798

Rahayu, G. D. S., & Fauzi, M. R. (2020). The Effect of the Project-Based Learning Model on Students’ Resilience During the Pandemic Covid-19. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 711. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.27390

Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton, S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1581. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i10.15056

Rohima, R., Wardhani, S., & S.W. Sumah, A. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA Pada Masa Pandemi Di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang. Biodik, 7(4), 136–144. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14523

Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3258

Subakti, H., & Handayani, E. S. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 202–210. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/2539/2167

Susanti, A. (2020). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sdn 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 51–62. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1516

Sutrio, Sahidu, H., Harjono, A., Hikmawati, & Verawati, N. N. S. P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Proyek bagi Guru-Guru SD di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2), 299–305.

Trimo, T. (2011). Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Di Sdn 1 Magelung Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 28(1), 124987.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v6i2.143

Article Metrics

Abstract view : 157 times
PDF downloaded : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.