PENERAPAN TEKNOLOGI PENGOLAHAN TELUR ASIN HERBAL SEBAGAI PRODUK DIVERSIFIKASI PANGAN ASAL TELUR ITIK DI DUSUN CIHATEUP KABUPATEN TASIKMALAYA

Andri Kusmayadi, Ristina Siti Sundari, Yusuf Sumaryana

Abstract


Dusun Cihateup merupakan tempat proses domestikasi ternak itik Cihateup sebagai ternak lokal khas Tasikmalaya Jawa Barat. Ketersediaan telur itik di Dusun Cihateup cukup melimpah dimana setiap harinya dapat menghasilkan lebih dari 500 butir telur. Harga jual telur itik relatif rendah yaitu sebesar Rp 2.000,00 per butirnya. Daya tahan telur itik segar yang rendah dapat ditingkatkan dengan cara diolah melalui proses diversifikasi pangan agar daya tahan telur semakin meningkat dan menghasilkan nilai jual yang tinggi. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan melakukan pengolahan telur itik segar menjadi telur asin herbal untuk meningkatkan daya tahan telur, meningkatkan harga jual telur, serta menghasilkan sifat fungsional pada produk telur asin herbal untuk meningkatkan imunitas masyarakat pasca Pandemi Covid-19. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan nilai tambah dan daya tahan telur itik Cihateup, serta meningkatkan keterampilan masyarakat Dusun Cihateup dalam mengolah telur asin herbal. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan September 2022 di Dusun Cihateup, Desa Sukanagalih, Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Metode pelaksanaan program terdiri atas penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pada warga masyarakat di Dusun Cihateup, anggota kelompok ternak “Kelompok Megar Bebek Cihateup”, dan anggota Badan Usaha Milik Desa “Berdikari”. Kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan dan pendapatan masyarakat melalui pengolahan telur asin herbal.


Keywords


herbal; itik Cihateup; pelatihan; telur asin; Tasikmalaya.

Full Text:

PDF

References


Adisurya, M.N.F. 2017. Pengaruh Pemberian Bawang Putih (Allium sativum) pada Pembuatan Telur Asin Cara Basah terhadap Kualitas Telur Asin. Skripsi. Universitas Jambi, Jambi.

Agustina, K.K., Dharmayudha, A.A.G.O., Swacita, I.B.N., dan Sudimartini, L.M. 2015. Analisis Nilai Gizi Telur Itik Asin Yang Dibuat Dengan Media Kulit Buah Manggis Selama Masa Pemeraman. Buletin Veteriner Udayana, 7(2): 121 – 128.

Badan Pusat Statistika. 2021. Produksi Telur Itik/Itik Manila menurut Provinsi (Ton), 2019-2021. Badan Pusat Statistika. Jakarta. https://www.bps.go.id/indicator/24/492/1/produksi-telur-itik-itik-manila-menurut-provinsi.html.

Fadhlurrohman, I., Sumarmono, J., Setyawardani, T. 2021. Tingkat Kemasiran, Kadar Garam Dan Kadar Air Telur Asin Yang Dibuat Dengan Menambahkan Tepung Jahe Dan Bawang Putih

Pada Adonan. Prosiding Seminar Teknologi dan Agribisnis Peternakan VIII.

Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, 24-25 Mei 2021.

Faruq, M., Sudjatinah, M., dan Larasati, D. 2021. Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Ekstrak Daun Salam Terhadap Kandungan Proksimat Telur Asin. Jurnal Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian.

Kusmayadi, A., dan Sundari, R. S. 2020. Pelatihan Pengolahan Telur Asin Asap Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Jual Telur Itik Segar di Dusun Cihateup. Logista, 4(1), 104 – 109.

Maulidiyah, N., Santoso, H., dan Syauqi, A. 2020. Analisis Perbandingan Kadar Protein Telur Itik (Khaki campbell) Sebelum dan Sesudah Perendaman dengan Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) pada Pengasinan. E-Jurnal Ilmiah Sains Alami, 2(2): 14 – 21.

Putri, M.F. 2019. Telur Asin Sehat Rendah Lemak Tinggi Protein Dengan Metode Perendaman Jahe Dan Kayu Secang. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 6(2): 93 – 102.

Rokana, E., Helilusiatiningsih, N., dan Sarbini, R.N. 2018. Diversifikasi Produk Telur Asin Melalui Penambahan Tanaman Herbal Dan Proses Penyangraian. Jurnal Dedikasi, 15: 90 – 99.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v5i2.128

Article Metrics

Abstract view : 385 times
PDF downloaded : 193 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.