BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN SINAR KASIH MELALUI METODE MUSIK (MUDAH, ASYIK, KREATIF) DI KELURAHAN KLAMESEN, DISTRIK AIMAS, KABUPATEN SORONG-PAPUA BARAT

Marissa S Tupamahu, Windy Wonmally

Abstract


Pentingnya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional merupakan hal tidak bisa kita pungkiri. Sebagai bahasa global, bahasa Inggris memegang fungsi dan peran yang sangat besar. Salah satu implikasi yang terlihat adalah semakin banyak orang berusaha belajar/ menguasai bahasa Inggris dengan baik. Dalam bidang pendidikan misalnya. Untuk menghadapi persaingan global, bahasa Inggris dikenalkan kepada siswa lebih dini. Banyak siswa sekolah dasar (SD) bahkan taman kanak- kanak (TK) mulai mempelajari bahasa Inggris. Di sisi lain, muncul berbagai lembaga kursus Bahasa Inggris yang memasang tarif begitu fantastis. Kesenjangan ekonomi dalam masyarakat menjadikan Bahasa Inggris tidak dapat dinikmati oleh semua orang, terutama masyarakat ekonomi bawah. Anak asuh di Panti Asuhan Sinar Kasih pun merasakan hal yang sama. Banyak dari mereka yang berminat belajar Bahasa Inggris diluar jam sekolah namun kondisi yang ada sangat tidak memungkinkan bagi mereka untuk melakukannya. Oleh sebab itulah maka pengabdian masyarakat ini merupakan hal yang sangat tepat sasaran untuk dilakukan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Sinar Kasih, Distrik Aimas Kabupaten Sorong dapat terlaksana dengan baik. Meskioun demikian terdapat beberapa kendala yang dihadapi yaitu tempat belajar yang tidak memadai, motivasi belajar anak-anak panti dan tidak adanya mata pelajaran bahasa Inggris pada jenjang Pendidikan Sekolah Dasar.


Full Text:

PDF

References


Crystal, D. 2000. The Cambridge Encyclopedia of Language 3rd (Third) edition. Cambridge University Press

Heidrachman, Ranupandojo & Husnah, S (2000). Manajemen Personalia Edisi IV. Sleman : Badan percepatan Fakultas Ekonomi UGM.

Himpunan Peraturan Perundang-undangan tentang Perlindungan. (2002). Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak, Departemen Sosial RI.




DOI: https://doi.org/10.34124/jpkm.v5i1.108

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF downloaded : 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.