PELATIHAN KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA GURU-GURU KELAS III SD YAPIS TEMINABUAN KABUPTEN SORONG SELATAN

irwan soulisa

Abstract


Berdasarkan observasi di kelas III SD Yapis Teminabuan ditemukan kesalahan-kesalahan dalam menulis huruf tegak bersambung. Sehingga, peneliti merumuskan masalah bagaimana menggunakkan metode Latihan Drill pada siswa untuk meningkatkan ketrampilan menulis huruf tegak bersambung. Tujuan  untuk mengetahui   penulisan huruf  tegak bersambung menggunakan metode latihan Drill pada guru-guru terhadap siswa SD Yapis Teminabuan. Metode yang digunakan adalah metode latihan (Drill)  yang menekankan pada kegiatan latihan yang dilakukan berulang-ulang secara terus menerus untuk menguasai kemampuan atau keterampilan tertentu kepada siswa SD. Teknik pengumpulan data dari siswa-siswi SD Yapis kelas III dan guru wali kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 100% siswa dengan jumlah 35 siswa mengalami kesalahan dalam tulisan tegak bersambungnya.  Kesalahan yang terjadi sebanyak 3107 kesalahan. Yakni (1) kesalahan berdasarkan aspek bentuk huruf (2) kesalahan berdasarkan aspek kerapian tulisan dan (3) kesalahan berdasarkan aspek kejelasan tulisan. Faktor penyebab kesalahan penulisan huruf tegak bersambung ini berasal dari siswa dan guru . Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 75% siswa sudah mampu menulis huruf tegak bersambung dengan cukup baik, hal ini dapat terlihat jumlah jenis kesalahan yang terjadi pada masing-masing hasil tulisan tegak bersambung siswa. Adapun saran yang dapat diberikan untuk guru kelas, agar memberikan pembelajaran tentang menulis huruf tegak bersambung dengan benar sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang ada.


Full Text:

PDF

References


Adu, Afandi. 1981. Bahasa Indonesia Baku dan Fungsi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya: PT.Bima Ilmu.

Amalia, Citra. 2010. 6 Langkah Terampil Menulis Tegak Bersambung. Cikal Aksara.

Anggoro, Oktavianus Tri. 2010. Theses, Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Teori Pengondisian Klasik Siswa Kelas IIIB SD Bunda Mulia, Jakarta. Jakarta : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unika Atma Jaya.

Roestiyah NK. 2014. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Reneka cipta

Tarigan, H.G. 1984. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.34124/266966

Article Metrics

Abstract view : 1637 times
PDF downloaded : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.