SUSTAINABILITAS PERENCANAAN PROGRAM BANTUAN BERAS SEJAHTERA BERDASARKAN ANALISIS MULTIDIMENTIONAL POVERTY INDEX DI KAMPUNG AIMO KABUPATEN SORONG

Aram Palilu, Frits Gerit John Rupilele

Abstract

Kemiskinan merupakan momok yang menakutkan bagi semua orang dan ada semua di negara (baik negara-negara miskin, berkembang maupun maju). Untuk mengentaskan kemiskinan maka semua pemerintah yang ada di dunia berupaya keras melalui pembangunan atau pun program-program bantuan tertentu. Salah satu program yang dianggap primadona untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia adalah program bantuan Beras Sejahtera. Sehubungan dengan itu, maka untuk program bantuan tersebut dapat dilanjutkan atau tidak maka perlu ditinjau mengenai tingkat keberhasilannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah penelitian lapangan (survey) dan divariasi dengan wawancara.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 75 Kepala Keluarga (KK) dan sampel yang terambil sebanyak 30 KK, sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh adalah menggunakan Multidimentional Poverty Index (MPI). Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan suatu program bantuan Beras Sejahtera dalam mengatasi kemiskinan multidimensional yang meliputi kemiskinan  kesehatan, pendidikan dan standar hidup yang layak di Kampung Aimo. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa angka devrivative MPI  adalah sebesar c ≥ 3,41. Hasil ini menunjukkan bahwa masyarakat miskin di Kampung Aimo setelah mendapat program bantuan beras sejahtera belum mengalami peningkatan kesejahteraan (miskin). Dengan demikian, maka program bantuan Rastra masih harus dilanjutkan dan perlu dikombinasikan dengan program-program bantuan yang lainnya (Kartu Sehat, Kartu Pintar, dan sejenisnya).

Full Text:

PDF

References

Beik, Irfan Syauqi, dkk (2015), Evaluasi Program Pengentasan Kemisikinan Menggunakan Metode Rappoverty, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Budiantoro, Setyo (2014), Konsep dan Pengukurannya Di Indonesia, Prakarsa Economic Policy Working Paper, Jakarta.

Hadna, Agus H (2016), Collaborative Governance dan Penurun Kemiskinan, Center for Population and Policy Studies Gadjah Mada University, UGM, Yogyakarta.

Kamaluddin, Rustian (1999), Pengatar Ekonomi Pembangunan, Analisis Beberapa Aspek Kebijakan pembangunan Nasional, FEUI, Jakarta.

Korten, David (1988), Pembangunan Berdimensi Kerakyatan, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Mahaeni, Aain dkk (2014), Evaluasi Program-Program Pengentasan Kemiskinan Di Provinsi Bali, Jurnal Piramida: Kependudukan & Pengembangan Sumberdaya Manusia, Bali.

Nurlambang, Triarko (2014), Materi Kuliah: Konsep dan Teknik Perencanaan Daerah, Universitas Indonesia, Jakarta.

Panjaya, Yossy Herma (2011), Evaluasi Pelaksanaan Program Raskin Di Kota Semarang (Studi Kasus Kelurahan Pedurungan Kidul, FEUndip, Semarang.

Ras, Atma (2013), Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan, Unhas, Makassar.

Remi, Sutyastie Soemitro dan Prijono Tjiptoherijanto (2002), Kemiskinan dan Ketidakmerataan di Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta.

Sen, Amartya, (1981), Poverty and Famies: an Assay on Entitlement and Deprivation, Clarendom Press, Oxford.

…………, (2000), Development as Freedom, Oxford University Press, New Delhi.

Subarsono, AG (2009), Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sumodiningrat, Gunawan (1999), Pembangunan Masyarakat dan JPS, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Todaro, Michael P (1995), Ekonomi Untuk Negara Berkembang: Suatu Pengantar Tentang Prinsip-prinsip, Masalah dan Kebijakan Pembangunan, Bumi Aksara, Jakarta.

Widodo, Tri (2006), Perencanaan Pembangunan: Aplikasi Komputer Era Otonomi Daerah, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Panjaya, Yossy Herma (2011), Evaluasi Pelaksanaa Program Raskin Di Kota Sempung: Studi Kasus Kelurahan Pedurungan Kidul, FE Universitas Diponegoro, Semarang.

Yulianto, Trimo (2005), Fenomena Program-Program Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Klaten, Thesis, Program Pasca Sarjana, Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro Semarang.

UU No. 7 Tahun 1996 Tentang Pangan.

Peraturan Pemerintah No. 68 Tahun 2002 Tentang Ketahanan Pangan.

Peraturan Presiden RI No. 54 Tahun 2005 Tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan.

BPS, (2012), Produk Domestik Bruto, Jakarta.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2010 Tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2010 Tentang Program Pembangunan yang Berkeadilan.

Surat Keputusan Bersama dengan Mentri Dalam Negeri dengan Direktur utama Perum Bulog No. 25/2003 dan Nomor PKK – 12/07/2003.

https://ac.uk.download/pdf/11704676.pdf

ww.digilib.itb.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.